Sensasi Nyeri di Dada? Waspadai Asam Lambung Anda Naik Lagi!


Asam lambung naik memang menciptakan sensasi yang tidak enak sehingga produktivitas harian menjadi terganggu. Tentu Anda harus ketahui kebiasaan buruk penyebab asam lambung naik, misalnya konsumsi alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, efek stress, atau dampak mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Anda wajib menghindari faktor pemicu asam lambung naik agar aktivitas harian bisa berjalan dengan optimal, ya!

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Konsumsi Bahan Ini

Bila Anda ketahui kebiasaan buruk penyebab asam lambung naik, maka sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa berdampak pada kesehatan tersebut. Pasalnya, asam lambung naik akan membuat Anda merasa tidak nyaman, perut begah, sensasi terbakar di dada, mual, rasa nyeri di ulu hati, dan lain-lain. Ada baiknya Anda mencoba mengatasi asam lambung naik dengan rajin mengkonsumsi makanan berikut :

1. Air sereh

Ramuan herbal yang terbuat dari sereh ampuh mengatasi asam lambung naik, lho! Anda cukup menggunakan 1-3 batang sereh, kemudian geprek atau bisa dipotong kecil dan seduh dengan segelas air panas. Minum ramuan sereh yang sudah dibiarkan selama limat menit, maka Anda bisa meredakan rasa sakit di perut dan dada.

2. Air lemon

Minuman dari bahan alami yang ampuh mengatasi masalah asam lambung naik adalah air lemon. Cukup ambil sebuah lemon, kemudian belah dan peras air lemon, lalu tambahkan segelas air hangat. Sajian air lemon hangat bisa meredakan asam lambung naik dan bisa diminum sebelum makan, kok.

3. Air kelapa

Bila Anda mengalami masalah refluks asam lambung, maka bisa menggunakan bahan alami yang efektif meredakan rasa sakit dengan air kelapa. Kandungan kalium pada air kepala bisa menjaga keseimbangan pH tubuh sehingga Anda bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa.

4. Jahe merah

Siapa yang tidak tahu efek jahe merah yang bisa menjadi ramuan penghangat tubuh? Ya, jahe merah acap digunakan sebagai minuman jamu saat cuaca tengah dingin. Pada musim pancaroba, seduhan air jahe merah bisa membuat Anda merasa lebih hangat dan sehat. Sifat gastroprotek pada jahe merah sangat baik dalam melawan bakteri penyebab asam lambung naik.

5. Jus lidah buaya

Lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan untuk menjaga kecantikan kulit, kesehatan rambut dan bisa diolah menjadi agar-agar yang enak. Anda juga bisa mengolah potongan lidah buaya menjadi jus yang bisa meredakan gejala asam lambung naik. Bagi penderita diabetes pun, jus lidah buaya sangat baik dikonsumsi dengan kadar gula yang rendah. Anda yang memiliki penyakit diabetes dan asam lambung naik, bisa segera mencoba minuman alami ini di rumah, ya!

6. Mentimun

Makan mentimun bisa meredakan gejala asam lambung naik sebab kaya vitamin B dan C. Selain itu, ada banyak mineral yang terkandung pada mentimun sehingga bisa mengobati asam lambung yang naik. Selain mentimun, Anda juga bisa memilih jenis buah lain yang direkomendasikan mampu meredakan asam lambung seperti pepaya. Bisa juga mengkonsumi madu untuk mengatasi masalah sistem pencernaan pada tubuh Anda.

Yuk, atasi masalah asam lambung naik dengan mengkonsumsi bahan alami di atas! Ketahui kebiasaan buruk penyebab asam lambung naik dengan pola hidup yang lebih sehat seperti rajin olahraga, cukup tidur dan penuhi makanan dengan gizi seimbang. Bila asam lambung naik karena efek stress, sebaiknya segera tahu cara mengelola dengan curhat ke orang terdekat atau datang ke psikolog. Tubuh sehat bebas masalah asam lambung, maka Anda bisa aktif tanpa rasa nyeri di dada.

 

Sumber

https://kesehatan.kontan.co.id/news/8-bahan-alami-yang-efektif-mengatasi-asam-lambung

Belum ada Komentar untuk "Sensasi Nyeri di Dada? Waspadai Asam Lambung Anda Naik Lagi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel