10 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Menumpuk Terlalu Dalam Mengeras



Headset sebenarnya adalah zat alami yang berguna untuk melindungi telinga dan juga lubang. Beberapa penelitian ditemukan, groundwax dapat berfungsi sebagai bakterisida yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri yang merugikan.

Akan tetapi dalam kondisi kotoran telinga yang menumpuk justru menimbulkan masalah pendengaran dan ketidaknyamanan. Kotoran telinga bisa untuk dibersihkan, akan tetapi berhati-hati dalam melakukannya, jangan sampai melakukannya secara sembrono atau terlalu terburu-buru. Karena sangat dikhawatirkan terjadinya kerusaknya pada bagian-bagian sensitif pada telinga.

Anda juga harus memastikan tidak punya masalah infeksi telinga sebelum membersihkan lebih dalam. Hal itu karena bisa menimbulkan masalah serius pada gendang telinga jika tetap melakukan tindakan pembersihan kotoran dalam telinga (ketika kondisi telinga sedang infeksi).

Selain itu, hindari pembersihan telinga jika sedang mengalami masalah gendang telinga yang sobek. Jangan melakukan pembersihan sebelum hal itu pulih benar.Dalam kondisi gendang telinga yang sobek, maka lebih baik pergi ke dokter.

Cara membersihkan kotoran telinga yang menumpuk:

#1. Dengan larutan garam
Caranya campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 125 cc air hangat (suam-suam kuku) di gelas, kemudian campur hingga garam larut. Lalu rendam kapas ke dalam larutan garam di gelas tersebut.

Ambil kapas yang sudah direndam tersebut, jika air berlebihan maka peras dahulu, kemudian jika menetesnya sudah sedikit, maka masukan beberapa tetes larutan garam tersebut ke dalam telinga (jangan berlebihan memasukan air larutan garam tersebut ke telinga).

Hingga akhirnya, larutan tersebut membasahi dan menggenangi liang telinga. Lakukan hal ini sambil duduk dan hati-hati, jangan sampai air yang masuk terlalu banyak.

Setelah beberapa saat kemudian, miringkan telinga tersebut ke bawah untuk menurunkan air larutan tersebut hingga keluar kembali semuanya.

#2. Menggunakan minyak zaitun
Ini salah satu cara yang paling aman untuk mengeluarkan kotoran telinga. Cara melakukannya, pertama-tama celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitun yang hangat.

Setelah itu pada kapas, Anda peras kelebihan minyak yang ada di dalamnya, kemudian masukan dan tempatkan kapas di telinga hingga mengenai kotorannya, kemudian tunggu sekitar 5-15 menit. Lalu keluarkan kapas.

Anda bisa mengulangi beberapa kali hingga kotoran benar-benar sudah tidak menumpuk / berkurang.

#3. Baby oil
Karena produk Baby oil ini sangat lembut serta tidak memberikan efek samping pada kulit. Cara penggunannya seperti halnya yang dilakukan pada metode minyak zaitun diatas.

#4. Dengan minyak kelapa
Caranya dengan menuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, lalu panaskan sendok (bisa dengan api lilin dan sebagainya) hingga akhirnya hangat.

Kemudian celupkan kapas bola (bisa dengan cotton bud), lalu peras sedikit.

Lalu masukan kapas yang dibuat menjadi berukuran kecil tersebut ke telinga Anda, dimana hangat dari minyak kelapa tersebut berkhasiat untuk merontokkan kotoran menumpuk yang ada di telinga.

#5. Dengan Gliserin
Ini menjadi cara rumahan yang sangat mudah untuk dilakukan. Caranya tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. Kemudian bersihkan telinga dengan cotton bud, mudah kan?

#6. Cuka dan alkohol
Campur cuka dan alkohol. Kemudian semprotkan tetesannya ke telinga (dua tetes). Ambil kapas yang bersih dan lembut, pijat telinga bagian dalam.

Jika sudah dan kotoran belum hilang, ulangi sekali lagi proses ini sampai kotoran yang berlebihan bisa diangkat.

#7. Minyak kelapa
Tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, lalu panaskan sendok dengan api lilin. Setelah agak hangat, celupkan pada kapas bola.

Lalu kurangi kelebihan minyak, lalu pasang kapas berukuran kecil di telinga Anda.

Nantinya suhu hangat dari minyak kelapa akan merontokkan kotoran telinga.

#8. Bawang putih
Hancurkan atau haluskan bawang putih, lalu masukkan bawang putih ke sendok dan panaskan di atas lilin. Teteskan beberapa tetes minyak yang ada itu ke telinga.

#9. Hidrogen peroksida
Cara ini mingkin terdengar kimiawi, tetapi hidrogen peroksida adalah bahan alami.

Cara penggunannya, campurkan peroksida dengan air dengan komposisi yang sama, tuangkan cairan ke dalam kapas, lalu peras kapas dan masukkan cairan ke telinga.

#10. Cuka Apel
Cuka apel merupakan resep rumahan. Cara penggunannya, miringkan kepala Anda ke samping, lalu teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel. Gulung bola kapas di telinga, dan biarkan selama satu jam.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Menumpuk Terlalu Dalam Mengeras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel