Kenali Barang yang Tidak Boleh Dikirim ke Luar Negeri Jalur Udara


Pengiriman barang sudah menjadi bisnis yang menjamur di berbagai negara, termasuk Indonesia. Semakin pesat perkembangan jual beli online membuat orang-orang lebih suka transaksi yang praktis. Kini Anda bisa menjual barang dagangan melalui situs online yang lebih praktis dan fleksibel di era digital. Tak hanya menjamah pasar nasional saja, Anda bisa menggunakan media digital dan jasa kirim barang untuk memperluas jaringan hingga ke kancah internasional.

Daftar barang yang tidak bisa dikirim lewat pesawat

Pengiriman barang ke luar negeri bisa melalui jalur darat, laut dan udara. Meski demikian, pengiriman lewat udara lebih favorit sebab memiliki keunggulan lebih baik. Setidaknya pelanggan Anda tidak perlu menunggu paket lebih lama dibandingkan dengan jasa kirim barang lewat dua jalur lainnya. Namun, pastikan Anda tahu daftar barang yang tidak boleh dikirim lewat pengiriman udara berikut :

1. Barang yang mudah terbakar

Hal ini bisa memicu kebakaran pesawat yang berimbas buruk pada keselamatan kru dan penumpang. Jika pengiriman udara khusus barang saja, maka kemungkinan paket Anda menyebabkan barang lain rusak dan terbakar sangat besar. Jenis barang yang masuk kategori berbahaya dan mudah terbakar antara lain segala macam gas, flammable liquid, flammable solid, benda berbahaya bila terkena air atau basah, dan lain-lain.

2. Barang mudah meledak

Kategori barang yang mudah meledak dilarang masuk ke bagasi pesawat antara lain TNT, dinamit, nitrogliserin, amunisi dan kembang api yang berbahaya, bahan peledak, dan lain-lain.

3. Alkohol

Alkohol masuk kategori benda yang tidak boleh masuk ke jasa pengiriman udara karena barang yang mudah meledak. Cairan alkohol bisa membahayakan keselamatan para penumpang pesawat.

4. Senjata api

Senjata api atau senjata tajam tidak boleh masuk ke dalam pesawat bukan karena sebabkan risiko pesawat meledak atau terbakar. Namun, keberadaan senjata api dan senjata tajam dikhawatirkan bakal menyebabkan masalah keselamatan penumpang pesawat alias tindakan kriminalitas.

5. Barang magnetik

Tergolong benda yang tidak boleh masuk dalam paket pengiriman jalur udara sebab bisa membahayakan kompas pesawat. Hal ini terjadi bila dikirim dengan cara yang salah, misalnya dinamo.

6. Benda kategori berbahaya lain

Ada benda yang tetap masuk kategori dangerous goods dan dilarang dikirim lewat jalur udara yaitu narkotika, obat terlarang, binatang tanpa ijin resmi, barang berharga tanpa ijin resmi seperti uang, berlian, emas, jenazah, dan lain-lain.

Pengirim harus terbuka dan jujur kepada ekspedisi terkait pengiriman barang ke luar negeri. Hal ini untuk meminimalisir risiko paket membahayakan keselamatan orang lain dalam pesawat terbang. Selain itu, paket yang tidak sesuai bisa digeledah dan dikembalikan kepada pihak pengirim. Bahkan pengirim bisa mendapatkan sanksi bila terbukti mengirimkan benda terlarang jasa kirim barang ke luar negeri.

 

Sumber :

  • https://www.papandayancargo.com/barang-yang-tidak-dapat-dikirim-via-pesawat/
  • https://sindoshipping.com/2020/09/30/barang-yang-tidak-boleh-dikirimkan/

Belum ada Komentar untuk "Kenali Barang yang Tidak Boleh Dikirim ke Luar Negeri Jalur Udara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel