5 Hal Seputar Kehamilan Agar Anda Bisa Menjalani Kehamilan dengan Mudah



Ketika Anda mendapati diri sudah positif hamil, tentunya Anda akan mempersiapkan yang terbaik untuk memastikan kondisi kehamilan senantiasa baik. Beragam cara bisa Anda lakukan, mulai dari mengunjungi dan berkonsultasi ke bidan maupun mengunjungi situs-situs informasi mengenai ibu dan anak, seperti situs www.anmum.com/id/.
 

Tentang Kehamilan yang perlu Anda Tahu

Setiap ibu hamil akan memiliki tantangannya masing-masing. Hal ini karena pengalaman kehamilan setiap orang berbeda satu sama lain. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas berlebih, selama Anda menjaga kandungan dengan baik, maka janin dalam kandungan juga akan tumbuh dengan baik.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda tahu agar kehamilan bisa dilalui dengan menyenangkan.

1. Menghitung usia janin dan menentukan HPL

Jika saat ini Anda sedang hamil, tentu akan banyak orang-orang di sekitar Anda yang bertanya seperti ini, “Berapa bulan, Bunda?” atau “Kapan HPL-nya?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mudah dijawab apabila Anda bisa memahami cara menghitungnya. Anda sebenarnya tidak perlu repot-repot untuk pergi ke bidan hanya untuk bertanya perihal tersebut.

Di internet sekarang ini sudah tersedia banyak sekali cara untuk menghitungnya. Anda bisa mempraktekkan langsung di rumah. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan lagi jika orang-orang menanyakan usia kandungan Anda.

2. Makanan yang terbaik untuk ibu hamil

Makanan dengan asupan gizi yang baik tentulah akan berpengaruh dan berdampak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan janin yang ada di dalam perut. Makanan yang baik untuk ibu hamil sebenarnya tidak ada perbedaannya dengan makanan untuk yang sedang tidak hamil. Hanya saja, pastikanlah untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Selain itu, hindari junk food, telur mentah maupun daging setengah matang. Hal ini dikarenakan pada makan-makanan tidak matang masih terdapat bakteri yang akan berdampak buruk untuk perkembangan janin. Pada usia kandungan trimester 1, kalori yang dibutuhkan tidak memerlukan banyak tambahan. Yang memerlukan banyak penambahan ketika Anda sudah hamil trimester 2 dan trimester 3.

3. Cara untuk mengatasi rasa sakit pada pagi hari saat hamil

Di awal kehamilan, mungkin Anda akan merasa mual-mual dan muntah-muntah. Meski begitu, Anda tidak perlu panik dan takut. Biasanya rasa tidak nyaman tersebut hanya terjadi ketika kehamilan trimester 1. Untuk trimester 2 lalu trimester 3, Anda akan mendapati kondisi tubuh berangsur stabil.

Apabila Anda memiliki keluhan mual dan muntah di trimester 1, Anda bisa menyiasatinya dengan makan porsi sedikit namun sering. Cara kedua, Anda bisa rutin minum air jahe hangat untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Cara ketiga, kurangilah makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti goreng-gorengan.

4. Posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil

Saat hamil besar, biasanya ibu hamil mulai kesulitan untuk mencari posisi tidur yang nyaman. Jika ibu yang hamil besar telentang, maka rentan terkena sesak napas karena adanya beban pada perut. Maka carilah posisi yang nyaman dengan posisi tidur menghadap ke kiri atau menyamping ke kiri. Posisi seperti ini bagus untuk sirkulasi darah Anda dan dapat melancarkan nutrisi yang akan dialirkan ke bayi.

5. Gejala berbahaya bagi kehamilan

Ketika hamil, Anda perlu memperhatikan gejala-gejala yang dialami. Ada beberapa gejala pada ibu hamil yang berbahaya dan tentunya perlu Anda waspadai. Di antaranya adalah jika Anda mengalami flek atau pendarahan. Apabila Anda mengalami pendarahan segeralah periksakan ke bidan atau dokter terdekat. Upaya tersebut dilakukan agar Anda dapat dengan segera mendapat tindakan yang tepat dari ahlinya.

Demikianlah informasi seputar kehamilan yang bisa Anda jadikan referensi tambahan agar kehamilan bisa dilalui dengan lancar. Apabila membutuhkan informasi lainnya, Anda bisa mengunjungi https://www.anmum.com/id.

Belum ada Komentar untuk "5 Hal Seputar Kehamilan Agar Anda Bisa Menjalani Kehamilan dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel