5 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Osteoporosis


Osteoporosis atau pengapuran tulang merupakan salah satu penyakit yang acap diderita para lansia. Hal ini dikarenakan faktor usia yang menyebabkan penurunan fungsi tubuh, termasuk massa otot yang berkurang. Selain usia yang terus bertambah, orang yang bergender wanita dengan ukuran tubuh lebih kecil punya risiko terkena osteoporosis lebih tinggi. Penting sekali untuk memahami pengertian tulang keropos agar Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Penyebab Orang Bisa Terkena Osteoporosis

Memang orang yang memiliki riwayat genetik osteoporosis akan mengalami kejadian yang sama dengan para leluhurnya. Meskipun demikian, orang yang tidak punya riwayat genetik pun bisa mengalami osteoporosis karena gaya hidup yang salah. Berikut beberapa penyebab yang bisa dikendalikan sejak dini agar Anda tidak terkena osteoporosis pada masa tua kelak yaitu :

1. Ketidakseimbangan hormon

Anda bisa mengalami masalah osteoporosis karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, misalnya wanita yang alami penurunan hormon estrogen setelah memasuki menopause akan mengalami pengapuran tulang lebih tinggi.

Untuk kasus laki-laki, ketidakseimbangan hormon acap terjadi seiring pertambahan usia yang semakin tua. Pada orang yang mengalami gangguan tiroid, biasanya mereka mengalami masalah penurunan kepadatan tulang.

2. Kadar kalsium terlalu rendah

Pengertian tulang keropos adalah penurunan kepadatan tulang seiring usia atau faktor tertentu yang bisa mengganggu sistem gerak manusia. Salah satu penyebab orang yang sudah berusia tua acap mengeluhkan sendi yang terasa sakit karena masalah pengapuran tulang adalah kadar kalsium yang rendah. Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalsium, termasuk konsumsi susu yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi.

3. Menjalani operasi sistem pencernaan

Anda yang memiliki penyakit sistem pencernaan dan baru menjalani operasi usus bisa mengalami masalah penyerapan nutrisi selanjutnya. Tidak heran bila orang yang menjalani operasi sistem pencernaan bisa mengalami kesulitan penyerapan kalsium sehingga menderita osteoporosis. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan terbaik yang bisa mencegah risiko osteoporosis setelah operasi sistem pencernaan, ya!

4. Dampak konsumsi obat-obatan

Risiko osteoporosis pada seseorang bisa terjadi karena dampak konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat-obatan steroid, obat atasi refluks lambung, obat kanker, dan obat steroid. Pada anak yang mengalami kejang, konsumsi obat-obatan untuk mengatasi kondisi tersebut bisa menyebabkan kondisi osteoporosis. Tidak ada batasan usia seseorang bisa mengalami osteoporosis sehingga pencegahan sejak dini harus dilakukan, ya!

5. Mengalami penyakit tertentu

Bila Anda mengalami kondisi penyakit tertentu seperti kanker, lupus, arthritis, ginjal atau liver, maka risiko mengalami masalah osteoporosis juga tinggi. Selain berbagai faktor genetik, orang bisa menderita penyakit kanker, ginjal, liver, dan sejenisnya karena gaya hidup yang salah.

Kebiasaan buruk Anda yang jarang melakukan olahraga, konsumsi makanan cepat saji, tidak istirahat yang cukup, konsumsi alkohol dan nikotin sangat rentan menyebabkan masalah kesehatan tubuh. Bila tubuh sudah terkena penyakit yang perlu proses penyembuhan yang lama, maka risiko komplikasi penyakit sering terjadi. Untuk mendukung kesehatan tulang, maka selalu lakukan aktivitas fisik serta berhenti merokok mulai sekarang.

Kini Anda sudah memahami pengertian tulang keropos dan faktor yang menyebabkan kondisi tubuh menderita osteoporosis yang bisa dicegah sejak awal. Selalu konsumsi makanan yang kaya kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian dan lakukan olahraga yang bisa meningkatkan massa otot setiap hari. Bila perlu konsumsi produk susu sesuai usia yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium sekaligus mencegah osteoporosis.

 

Sumber

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/osteoporosis/penyebab-osteoporosis/

Belum ada Komentar untuk "5 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Osteoporosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel